Lokasi Dan Jalan Menuju Jurang Tembelan Dlingo Bantul

Jalan Menuju Jurang Tembelan Dlingo Bantul – Kebun Buah Mangunan di Dlingo Bantul belakangan ramai dikunjungi anak anak muda. Gardu pandang dengan liukan sungai Oya dikelilingi pepohonan hijau sebagai latar belakangnya memang menjadi spot foto yang menakjubkan. Di pagi hari kawasan ini diselimuti oleh kabut, sehingga kamu seolah berada di negeri atas awan. Kini mulai banyak banyak spot foto yang bisa kamu kunjungi di dekat kebun buah mangunan seperti Hutan pinus, Bukit Moko, Bukit Panguk Kediwung dan yang paling baru adalah Jurang Tembelan.

Jurang tembelan ini merupakan spot foto terbaru di Bantul yang mengadopsi konsep Bukit Panguk. Karena belum lama dikembangkan, spot ini masih tergolong sepi. Kendati demikian, jurang tembelan di Dlingo Bantul ini bakalan hits dan ramai lantaran memiliki pemandangan yang bagus dan gardu pandang yang unik. Disini kamu juga bisa hunting foto sambil menikmati matahari terbit.

Lokasi Jurang Tembelan
Lokasi spot foto terbaru di Dlingo ini berada disebelah bawah pintu masuk Mangunan (sebelah timur). Kamu bisa dengan mudah menemukan jalan menuju jurang tembelan lantaran sudah banyak plang petunjuk arah. Untuk saat ini belum ada retribusi atau tiket masuk Jurang Tembelan. Namun disediakan kotak amal yang bisa kamu isi seiklasnya untuk pengembangan wisata. Selain itu kamu perlu membayar Rp 2000 saja untuk parkir sepeda motor.

Pemandangan Dari Gardu Pandang Jurang Tembelan

puncak-tembelan

gardu pandang jurang tembelan dlingo bantul

Lokasi jurang tembelan ini memang tak terlalu besar, tapi viewnya sangat menarik. Lokasinya lebih tinggi ketimbang Gardu pandang Mangunan sehingga kamu bisa melihatnya dari sini. Disini terdapat dua gardu pandang serta satu gazebo. Selebihnya hanya terdapat pepohonan dan warung . Ada beberapa warung kecil penjual minuman dan makanan ringan untuk sekedar mengganjal perut kosong. Mirip dengan mangunan, kamu juga bisa berfoto dengan latar belakang liukan sungai Oya. Waktu yang tepat untuk datang kesini tentu saja pada pagi hari karena masih berselimut kabut sehingga seperti berada di negeri atas awan.

Jalan Menuju Jurang Tembelan
Jika sebelumnya kamu belum pernah ke kawasan Dlingo, dari Jogja arahkan perjalananmu ke terminal giwangan. Dari sini tinggal berjalan ke arah selatan melewati jalan Imogiri timur hingga sampai di Pasar imogiri. Sesampainya di pertigaan pasar imogiri beloklah kekiri arah makam raja raja. Sebelum makam raja Imogiri terdapat pertigaan, beloklah ke kanan arah Mangunan. Ikuti jalan tersebut hingga sampai di kawasan Kebun Buah Mangunan. Dari sini sudah banyak plang petunjuk jalan menuju jurang tembelan.