Ini Harga Tiket Masuk Candi Prambanan Terbaru 2017

Harga Tiket Masuk Candi Prambanan Terbaru – Berlibur di kota gudeg, selain mengunjungi tempat wisata hits di Jogja belum lengkap rasanya jika belum mengunjungi wisata sejarah. Ada satu mahakarya peninggalan kebudayaan hindu abad ke 10 yang keindahanya tak lekang oleh waktu. Apalagi kalau bukan candi prambanan yang memiliki bangunan langsing setinggi 47 meter dengan arsitektur tak tertandingi. Seperti namanya, lokasi candi prambanan terletak di jl. raya jogja-solo, Kecamatan Prambaan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Candi Prambanan didirikan oleh dua masa pemerintahan pada abad ke 10 yakni Raja Pikatan dan Rakai Balitung. Tingginya mencapai 47 meter, lebih tinggi 5 meter ketimbang Candi Borobudur. Candi ini didirikan sebagai bukti kejayaan agama Hindu di tanah jawa. Candi Prambanan terletak di perbatasan antara Jogja dan Jawa Tengah yakni kabupaten sleman dan kabupaten klaten.  Jika dari pusat kota jogja, jaraknya sekitar 17 km. Di area candi ini juga dibangun taman yang indah dan cocok untuk bersantai. Dengan keindahan yang luar biasa, wajar saja jika harga tiket masuk candi prambanan ini cukup mahal.

Meski banyak ahli sejarah yang mengatakan candi ini adalah peninggalan Raja Pikatan dan rakai belitung, namun ada saja legenda candi prambanan yang dipercayai oleh masyarakat jawa. Konon ada seorang laki laki bernama Bandung Bondowoso yang mencintai Roro Jonggrang. Untuk menolak cinta Bandung Bondowoso secara halus, Roro meminta dibuatkan 1000 candi dalam satu malam. Permintaaan tersebut hampir dipenuhi oleh Bondowoso, sebelum roro meminta warga desa untuk menumbuk padi agar suasana seperti pagi hari. Hal ini dimaksudkan untuk mengusir makluk halus yang membantu Bondowoso dalam membuat candi.

Ini Harga Tiket Masuk Candi Prambanan Terbaru 2017

Harga Tiket Masuk Candi Prambanan Terbaru 2017

Candi Prambanan memiliki tiga candi utama yakni Candi Siwa, Candi Brahma dan Candi Wisnu. Ketiga nama candi tersebut tidak lain adalah lambang Trimurti yang menjadi kepercayaan umat Hindu. Selain itu ada juga 2 candi apit, 4 candi sudut, 4 candi kelir. Di halaman kedua juga terdapat 224 candi kecil. Memasuki candi Siwa, kamu akan menemukan Arca Siwa, Arca Durga, Arca Agastya dan Arca Ganesha. Arca Durga disebut sebut sebagai sosok Roro Jonggrang yang diceritakan sebagai legenda Candi Prambanan diatas. Sedangkan di Candi Wisnu ada satu ruangan yang berisi Arca Wisnu. Begitu juga dengan candi Brahma yang berisi Arca Brahma.

Baca Juga: Harga Tiket Masuk Pantai Parangtritis Terbaru

Candi Prambanan juga terdapat relief yang menceritakan kisah Ramayana. Relief lain yang tak kalah menariknya adlaah pohon Kalpataru yang dianggap sebagai Pohon Kehidupan dalam agama Hindu. Kalpataru ini juga digunakan untuk berbagai kepentingan seperti lambahng Walhi dan juga terdapat pada gunungan dalam kesenian wayang. Ini menjadi bukti, relief prambanan telah mendunia. Jika dicermati lagi, ada juga berbagai relief burung seperti kakatua jambul kuning. Menarik bukan? tentu masih banyak hal lain yang bisa kita gali di Candi Prambanan. Lantas berapa tiket masuk candi prambanan sekarang?

Harga Tiket Masuk Candi Prambanan Terbaru 2017

Sejak Mei 2017 ini, harga tiket masuk candi prambanan dinaikan. Jika sebelumnya tiket masuk wisatawan domestik dewasa adalah Rp 30 ribu kini menjadi Rp 40 ribu. Sedangkan tiket anak anak yang sebelumnya Rp 12,500,- kini jadi Rp 20 ribu. Sementara itu untuk wisatawan mancanegara sebelumnnya 18 USD menjadi 25 USD. Kenaikan tiket masuk ini dilakukan untuk menyesuaikan perkembangan yang ada setelah enam tahun tidak ada perubahan.

Lokasi Dan Rute Menuju Candi Prambanan

Tak sulit untuk menemukan lokasi candi prambanan. Pasalnya letaknya persis berada di pinggir jalan raya Jogja – Solo. Dari pusat jogja, silahkan langsung menuju ke arah timur melintasi jalan raya jogja solo. Sebelum memasuki kabupaten Klaten Jawa Tengah, kamu akan menemukan lokasi candi prambanan yang berada di sebelah utara jalan.