6 Pantai Di Gunung Kidul Yang Masih Sepi, Cocok Untuk Camping

Pantai Di Gunung Kidul Yang Masih Sepi – Yogyakarta merupakan daerah yang terletak di bagian selatan Pulau Jawa. Jarak dari pusat kota ke pesisir pantai selatanpun tak lebih dari dua jam perjalanan. Dari sejumlah pantai yang ada, Gunung Kidul memang tetap menjadi favorit. Topografinya yang berupa pegunungan kars, membuat pantai pantai disini sebagian besar berpasir putih. Bayangkan saja, ada lebih dari 60 pantai yang ada di Kabupaten Gunung Kidul. Maka tak salah jika Jogja menjadi pilihan kedua setelah Bali bagi para beach hopper.

Semakin hari, pantai pantai di Gunung Kidul semakin dikenal para wisatawan. Kala musim liburan tiba, pantai pantai seperti pantai kukup, pantai indrayanti atau pantai baron selalu disesaki oleh para wisatawan. Bagi kamu yang ingin menikmati suasana pantai yang tenang sambil camping, mulai menipis pilihanya. Namun tenang saja ada sejumlah pantai di gunung kidul yang masih sepi, sehingga cocok untuk camping. Akan tetapi beberapa pantai harus dilalui dengan kerja keras. Lantaran belum terekspose sehingga belum ada pemasukan yang bisa digunakan untuk pengembangan fasilitas. Jadi wajar bila akses jalanya masih jelek, dan kamupun harus trekking melintasi jalan setapak untuk menuju bibir pantai. Apa saja pantai tersebut? berikut beberapa pantai di gunung kidul yang cocok untuk camping.

Pantai Di Gunung Kidul Yang Bagus Dan Masih Sepi

1. Pantai Wohkudu

Lokasinya cukup tersembunyi dan diapit oleh tebing tinggi. Garis pantainyapun sangat pendek. Wajar jika pantai wohkudu menjadi pantai di gunung kidul yang masih sepi. Namun bagi kamu yang ingin mencari ketenangan, bisa mengjak kolegamu untuk camping disini. Dirikanlah tenda di lembah yang ditumbuhi rerumputan hijau diantara tebing dikanan kirinya. Lokasinya berada di kecamatan panggang, Gunung Kidul. Akses jalanya cukup sulit, kamu harus melewati jalan berliku dan medan yang berat.

2. Pantai Ngetun

Pantai ini bentuknya seperti teluk kecil. Oleh sebab itu ombaknya gak terlalu besar, cocok untuk berenang atau sekedar main air. Pantai ngetun masih sepi, belum banyak wisatawan yang berkunjung. Pantai ini juga cocok untuk camping. Lokasinya berada di dusun sureng, Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul. Setelah sampai di kecamatan tepus, silahkan cari SDN IV Tepus, dan lewati jalan yang ada disampingnya. Setelah itu kamu akan menemukan pertigaan didekat kuburan, lurus terus. Kamu akan melintasi jalan bebatuan dan pedesaan. Jika kamu menemukan lapangan dengan pohon beringin besar, kamu sudah berada dijalan yang benar. Lurus terus hingga menemukan pusat mata air, dan parkirkan kendaraanmu disitu.

3. Pantai Sedahan

Pantai di gunung kidul yang masih sepi selanjutnya adalah pantai sedahan. Lokasinya berada di dekat pantai wedi ombo. Pantai sedahan cocok untuk camping dan mancing. Namun untuk menuju ke bibir pantai, kamu harus berjalan kaki dari pantai wediombo.

4. Pantai Greweng

Masih berada di dekat pantai wediombo, ada satu lagi pantai yang masih sepi pengunjung. Namanya adalah pantai greweng yang berada di timur pantai wedi ombo. Pantainya berpasir putih, dan cocok banget buat menikmati sunset. Hanya saja belum ada akses jalan yang bisa dilalui menggunakan sepeda motor. Setelah memakirkan kendaraan di pantai wediombo atau pantai jungwok, kamu harus berjalan selama kurang lebih 1 jam. Oleh karena itu kami sarankan untuk membawa tenda sekalian dan camping di pantai greweng.

Kunjungi Juga: 10 Pantai Terbaru Di Gunung Kidul

5. Pantai Mbribit

Pantai Terbaru Di Gunung Kidul 2017

Pantai mbribit juga masih sepi lantaran lokasinya cukup tersembunyi. Pantai mbribit tereltak di Krambil sawit, Saptosari, Gunung Kidul. Kamu bisa mendirikan tenda disini dan menikmati keindahan pantai serta perbukitan yang tinggi. Jangan lupa bawa pancing, karena pantai mbribit juga menjadi salah satu spot mancing di gunung kidul.

6. Pantai Butuh

Tepat disebelah barat pantai mbribit ada pantai butuh. Pantai juga termasuk pantai di gunung kidul yang masih sepi. Ketika kamu berada disini, seolah pantai tersebut menjadi milikmu karena memang belum banyak pengunjung. Kendati demikian pemandangan disini cukup memukau. Meski tak begitu luas, kamu bisa bermain pasir putih di bibir pantai. Untuk menuju ke pantai butuh, silahkan menuju ke jalan panggang wonosari. Setelah itu arahkan perjalannmu ke Jetis dan sampai di balai desa krambil sawit. Kemudian menuju arah pantai ngeden, kamu akan menemukan pertigaan, beloklah kekanan arah pantai butuh.