Rute Dan Lokasi Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang, Niagaranya Indonesia

Rute Dan Lokasi Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang – Air terjun Niagara yang terletak di perbatasan Kanada dan Amerika serikat memang dikenal sebagai destinasi wisata kelas dunia. Tak ada yang meragukan keindahan air terjun tersebut. Namun tak semua orang bisa menikmatinya karena butuh biaya yang banyak untuk menuju kesana. Sebenarnya tak perlu jauh jauh ke luar negeri karena Indonesia sudah dianugrahi pesona alam yang luar biasa. Di Lumajang Jawa Timur misalnya, kamu akan menjumpai air terjun yang mirip dengan air terjun niagara. Namanya adalah Air terjun tumpak sewu. Keindahanya akan menyihir para pelancong yang datang.

lokasi air terjun tumpak sewu

jalan menuju air terjun tumpak sewu lumajang

Air terjun tumpak sewu memiliki banyak aliran. Air tersebut mengalir dari atas dinding tebing setinggi 120 meter. Oleh sebab itu air terjun yang terletak di kabupaten Lumajang ini dinamakan tumpak sewu. Dalam bahasa jawa, sewu berarti seribu (menggambarkan banyaknya aliran air). Lokasi air terjun tumpak sewu di lumajang ini belakangan mulai dikenal masyarakat luas. Hal ini tak lepas dari peran media sosial. Potret keindahan air terjun tumpak sewu acap kali diunggah oleh netizen di media sosial dan menjadi viral. Berfoto di pos panorama memang menghadirkan lanskap mengagumkan.

Pos panorama tersebut bisa diakses dengan berjalan kaki sejauh 400 meter dari area parkir. Pos ini memang angle terbaik untuk menikmati air terjun tumpak sewu. Lanskap air terjun cukup unik dan jarang ditemukan ditempat lain karena bentuknya terlihat setengah lingkaran. Pos panorama ini cukup aman untuk anak anak, orang tua ataupun difabel karena sudah diberi pelindung jurang yang terbuat dari bambu. Aktivitas lain yang bisa dilakukan adalah trekking menuju lembah air terjun. Namun jalan menuju air terjun tumpak sewu ini cukup terjal dan licin. Para pengunjung akan diajak untuk berjalan melewati tebing dan menyebrang sungai di dasar air terjun.

Baca juga: Lokasi Coban Bidadari Malang

Tak hanya menawarkan panorama alam dan petualangan seru saja. Di lokasi air terjun tumpak sewu ini juga menawarkan agrowisata buah salak. Wisatawan bisa memetik buah salak prono di kebun yang dikelola warga. Untuk menikmati aktivitas trekking dan agrowisata buah salak ini, para wisatawan bisa menghubungi pengelola terlebih dahulu. Nantinya akan dipandu oleh pemandu wisata dan dikenakan biaya tambahan.

Lokasi Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang

Air terjun tumpak sewu terletak di Desa Sidomulyo, Kec. Pronojiwo, Kab. Lumajang, Jawa Timur. Lokasinya bisa diakses baik dari arah lumajang kota maupun dari Malang. Perjalanan menuju air terjun tumpak sewu bisa ditempuh sekitar 1 hingga 2 jam.

Rute Menuju Air Terjun Tumpak Sewu

Jika kamu dari kota malang, butuh waktu tempuk sekitar 2 jam-an. Rute ke air terjun tumpak sewu yakni kota malang – bululawang – dampit-tirtomulyo-pronojiwo. Sekitar 100 meter setelah tugu perbatasan Malang dan Lumajang , ada gang menurun di kanan jalan. Ikuti jalan tersebut dan kamu akan sampai di lokasi air terjun tumpak sewu.

Harga tiket masuk air terjun tumpak sewu

Tak perlu merogoh kocek dalam dalam untuk menikmati panorama alam disini. Harga tiket masuk ke air terjun tumpak sewu ini hanya Rp 10 ribu saja. Jika kamu ingin turun ke lembah jangan datang sore hari. Pasalnya hanya dibatasi sampai jam 3 sore bagi para pengunjung yang ingin turun ke lembah.