Rute Dan Lokasi Curug Ciastana Cianjur Yang Masih Alami

Rute Dan Lokasi Curug Ciastana – Kabupaten Cianjur di Jawa barat sepertinya belum banyak dikenal luas oleh para wisatawan apalagi wisatawan mancanegara. Padahal ada banyak tempat wisata alam di Cianjur yang kece. Salah satunya adalah  air terjun ciastana ini. Karena masih belum banyak yang tau, kamu bisa leluasa menikmati air terjun setinggi 50 meter tersebut. Namun memang lokasinya cukup terpencil, jadi mau gak mau harus pake kendaraan roda dua untuk menuju air terjun  ciastana.

Jika menelisik asal muasal nama ciastana ini memang agak horor. Ciastana berasal dari kata Astana yang berarti Makam. Jadi tak jauh dari lokasi curug ciastana tersebut terdapat pemakaman warga. Namun setelah sampai kesini, gak seseram yang kamu bayangkan kok. Debit air yang mengalir dari tebing setinggi 50 meter itu cukup deras. Lepaskan pakaianmu dan berdiri tepat dibawahnya, pijatan alami dari air yang jatuh sejenak akan menghilangkan kepenatan.

Kesini Juga: The Ranch Mega Mendung Puncak

Keunikan curug ciastana di cianjur ini adalah adanya air terjun mini dibawah air terjun utama. Air terjun mini tersebut cukup lebar dan membentuk seperti sebuah tirai panjang. Dibawahnya lagi terdapat sebuah kolam alami, cocok buat bermain anak anak. Kehadiran alam hijau yang mengelilingi air terjun seolah menjadi dekorasi alam yang kian mempercantik. Sayangnya tempat wisata ini belum dikelola secara profesional baik oleh pemerindah daerah ataupun pemerintah desa. Oleh sebab itu belum banyak fasilitas yang tersedia. Bahkan area parkirpun belum bersedia, kendaraan para pengunjung bisa diparkirkan di depan rumah warga.

Lokasi Curug Ciastana Cianjur Selatan

Air terjun di Cianjur yang masih sepi dan belum banyak terjamah oleh wisatawan ini terletak di Desa Bokongkasih, Kadupandak, Cianjur, Jawa Barat. Untuk masuk ke lokasi wisata, belum dipungut biaya retribusi. Pengunjung hanya dikenakan biaya parkir saja, yakni sebesar Rp 2 ribu.

Rute Menuju Curug Ciastana Cianjur

Jalan menuju curug ciastana ini hanya bisa dilalui dengan kendaraan roda dua saja. Hal ini lantaran lokasinya yang terpencil dengan kondisi jalan yang sempit serta berbatu. Akan lebih baik jika kamu menggunakan kendaraan jenis trail untuk menuju kesini. Untuk rute selengkapnya, lokasi curug ciastana ini sudah tersedia di google maps langsung saja dibuka.