Lokasi Dan Rute Menuju Air Terjun Gedad Banyusoco Gunung Kidul

Lokasi Dan Rute Menuju Air Terjun Gedad – Berbicara mengenai wisata alam di Gunung Kidul seolah tak ada habisnya. Beberapa wisata baru belakangan ini muncul di “lantai dua” Yogyakarta itu. Belakangan ini sedang ramai diperbincangkan di media sosial sebuah air terjun di Playen Gunung Kidul bernama Air Terjun Gedad atau yang sering juga disingkat menjadi ATG. Nama tersebut digunakan karena lokasi air terjun yang terletak di dusun Gedad, Desa Banyusoco Kecamatan Playen Kabupaten Gunung Kidul.

Lokasi Air Terjun Gedad tak jauh dari Air Terjun Srigethuk yang sudah tenar terlebih dahulu. Letaknya sekitar 3 km dari Srigethuk dan masih berada di Kecamatan yang sama. Jadi rute menuju air terjun gedad ini adalah sama ketika kamu akan menuju Air Terjun Srigethuk. Jika Air Terjun Srigethuk cukup tinggi dan curam, lain halnya dengan Air Terjun Gedad yang hanya memiliki ketinggian sekitar 5 hingga 10 meter saja. Kendati demikian dindingnya cukup lebar dan berundak. Menariknya didepan air terjun tersebut disediakan spot foto yang terbuat dari papan kayu. Tak heran jika kemudian ATG cepat viral di instagram.

Pengembangan Air terjun Gedad di Banyusoco Playen ini baru dimulai Desember 2016 lalu. Pengembangan wisata tersebut dilakukan oleh Karang Taruna Dusun Gedad dan warga setempat. Meski terbilang wisata baru di Gunung kidul, namun pengunjungnya terus berdatangan. Bahkan ATG pernah kedatangan wisatawan asal Korea. Konon, Air Terjun Gedad ini ditemukan oleh seorang kiai bernama Abu Dardak. Ia awalnya menggali tanah di Gunung Nggrunggung lalu membuka aliran air bawah tanah. Aliran air tersebut melewati Dusun Gedad dan salah satunya menjadi ATG.

spot foto air terjun gedad gunungkidul

spot foto air terjun gedad gunungkidul

Lokasi Air Terjun Gedad

Alamat Air Terjun Gedad ini berada di Gusun Gedad, Banyusoco, Playen, Gunung Kidul, Yogyakarta. Lokasinya yang tak jauh dari Air Terjun Srigethuk membuat para pengunjung tak sulit untuk menemukanya. Biasanya para wisatawan berkunjung dulu ke Srigethuk dan kemudian melanjutkannya ke Air Terjun Gedad. Jika kamu sebelumnya belum pernah ke daerah playen, ikuti rutenya berikut ini.

Rute Menuju Air Terjun Gedad

Jalan menuju air terjun gedad bisa kamu lalui dengan menyusuri jalan Wonosari. Sesampainya di pertigaan dekat lapangan Gading, ambilah ke arah kanan atau arah Playen. Menyusuri jalan tersebut kamu akan menemukan lagi sebuah pertigaan, ambilah ke arah kanan. Tak jauh dari situ, akan ada petunjuk arah menuju Srigethuk. Ikuti petunjuk arah tersebut hingga sampai di pos pertigaan Srigethuk. Dari sini ambil arah kiri dan kamu akan menemukan plang petunjuk arah menuju Air Terjun Gedad. Dari jalan beraspal, kamu harus melewati jalan kecil bebatuan sejauh 300 meter. Saat ini parkir kendaraan baru ditempatkan di rumah warga. Jadi untuk menuju lokasi Air terjun gedad kamu harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sejauh 50 meter. Jalan setapak ini berupa batuan kapur dengan pepohonan rindang di kanan kirinya. Selama perjalanan kamu juga akan menemukan para pedangan makanan dan minuman.

Tak lama kemudian, kamu akan mendapati sebuah air terjun kecil yang tampak seperti pancuran. Tenang saja, itu bukanlah lokasi air terjun gedad yang dimaksud. ATG yang sedang ngehits itu terletak dibalik tebing kapur. Jadi kamu harus melewati jalan menurun yang berada disebelah kiri pancuran tadi. Air terjun yang bersih dengan aliran air yang deras akan langsung menyambut kedatanganmu. Di atas air terjun gedad, ada sebuah pesantren yang merupakan peninggalan kiai Dardak. Kini pesantren tersebut diurus oleh anaknya. Mau cari wisata di Gunung kidul yang menarik lainya? datang saja ke lokasi puncak kosakora.