Rute Dan Lokasi Gardu Pandang Lereng Kelir Ambarawa Semarang

Lokasi Gardu Pandang Lereng Kelir Semarang – Gak mau kalah dengan Jogja dan daerah lainya yang memiliki spot foto yang kece, Semarang mulai mengembangkan beberapa wisata. Salah satunya di Lereng Kelir yang terletak di Ambarawa, Kabupaten Semarang. Disini pengunjung bisa mendapati sebuah gardu pandang dengan view perbukitan hijau yang menyegarkan pandang. Panoramanya mirip dengan beberapa wisata di kawasan Dlingo Bantul yang berupa perbukitan dengan pepohonan lebat serta liukan sungai.

Gardu Pandang Lereng kelir tak hanya mengusung konsep yang sama yakni berupa gardu pandang, tapi bentang alamnya juga bisa dibilang sebelas dua belas dengan wisata di dlingo bantul. Gardu pandang yang berada di tepi jurang dengan hamparan perbukitan dan segala penampakan dibawahnya memang menjadi wisata favorit belakangan ini. Oleh karena itu, gardu pandang lereng kelir kini menjadi buruan para anak muda yang hoby narsis. Lokasinya berada pada ketinggian 715 meter diatas permukaan air laut, membuatnya memiliki view yang epik. Mulai dari rawa pening, puncak temoloyo, perbukitan, sungai hingga puncak gunung ungaran terlihat dari gardu pandang tersebut.

Harmonisasi antara langit, perbukitan hijau, puncak pegunungan dan landscape ambarawa menjadi tempat sempurna untuk berburu foto atau sekedar menghilangkan kepenatan. Udaranya yang sejuk segar, menjadi nilai plus dari wisata Semarang yang sedang hits ini. Waktu pagi dan sore hari tentu menjadi waktu terbaik untuk berkunjung. Pasalnya pada waktu waktu tersebut kabut tipis yang menyelimuti lereng kelir akan berpadu dengan sinar matahari baik saat mau terbit atau tenggelam. Suanasanya semakin epic dan instagramable. Di Lereng kelir ini bisa juga lho dijadikan spot camping.

Baca Juga: Tempat Wisata Hits Di Semarang

Lokasi Gardu Pandang Lereng Kelir

Karena masih terbilang wisata baru, mungkin banyak yang belum tahu lokasinya. Gardu pandang lereng kelir berada di dusun Brongkol, Kelurahan Gertas, Kecamatan Jambu, Ambarawa, Semarang. Jika dari pusat kota semarang membutuhkan waktu tempuh sekitar 1 jam an. Akses menuju lereng kelir cukup ekstrim dengan jalanan yang menanjak dan berkelok kelok. Tanjakan yang curam dan terjal akan kamu dapati di beberapa titik. jadi kalau mau kesini pastikan kendaraanmu dalam keadan fit ya.

Rute Dan Lokasi Gardu Pandang Lereng Kelir Ambarawa Semarang

Gardu Pandang Lereng Kelir Ambarawa by @zellasunarya

Tiket Masuk Gardu Pandang Lereng Kelir

Untuk memasuki lokasi gardu pandang lereng kelir, para pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar Rp 5 ribu untuk hari biasa dan Rp 7 ribu pada saat hari libur. Selain itu kamu juga akan  dikenakan biaya parkir yakni Rp 2 ribu saja per motor. Sementara untuk fasilitas terdapat bangku bangku untuk bersantai, toilet, area parkir, gardu pandang, camping ground dan warung yang menjual makanan dan minuman ringan.

Rute Menuju Gardu Pandang Lereng Kelir Dari Semarang Kota

Dari kota semarang silahkan menuju ungaran melewati terminal bawen. Sesampainya di pertigaan bawen, beloklah ke kanan menuju ambarawa. Setelah sampai di lampu merah, kamu bisa lurus atau ke kiri melintasi jalan lingkar ambarawa. Jalan tersebut akan membawamu ke stasiun jambu di jalan raya Semarang – Magelang. Dari sini masih lurus lagi hingga sampai di Estu Sehat Apotik. Nah setelah melewati estu sehat apotik, kamu akan menemukan gapura desa tapak di kiri jalan. Masuk saja gapura tersebut melintasi rel kereta api dan jalanan mulai menanjak. Jalan tersebut akan membawamu langsung ke Lokasi gardu pandang lereng kelir.