Biaya Dan Rute Menuju Gili Labak Sumenep Madura

Biaya Dan Rute Menuju Gili Labak – Kabupaten Sumenep menjadi pusat destinasi wisata di Madura. Setidaknya ada 127 pulau pulau kecil yang masuk dalam wilayah administratif Sumenep. Salah satunya adalah Gili Labak, yang kini menjadi destinasi wisata favorit di madura. Tak hanya menawarkan pasir putih layaknya gili trawangan di Lombok, Gili Labak juga memiliki keindahan alam bawah lautnya. Aktivitas snorkeling tentu tak boleh dilewatkan ketika berkunjung kesini.

Gili labak merupakan pulau kecil dengan luas tak lebih dari 5 hektar. Air laut disekitar gili labak ini sangat jernih. Bahkan dari jarak setengah mil, kita bisa melihat dasar laut dengan mata telanjang. Tak ada dermaga di Lokasi Gili Labak Sumenep, jadi kapal kapal pengangkut wisatawan hanya disandarkan ditepi pantai. Biaya masuk ke gili labak ini gratis, para pengunjung hanya perlu membayar ongkos perahu saja. Ada 4 rute menuju gili labak yang bisa kamu lalui diantaranya via Pelabuhan Kaliaanget, Desa Lobuk, Tanjung Saronggi dan Desa Kombang. Butuh waktu sekitar 2 jam dari keempat titik penyebrangan diatas menuju gili labak.

Biaya Dan Rute Menuju Gili Labak Sumenep Madura

Biaya Menuju Gili Labak Sumenep Madura

Secara administratif, lokasi gili labak ini terletak di kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep, berada disebelah tenggara kota sumenep. Gili labak adalah surga kecil yang menawarkan keindahan pantai pasir putih dan keindahan bawah lautnya. Terumbu karang lengkap dengan ikan ikan cantik, bisa kamu nikmati dengan cara snorkeling ataupun diving. Di pulau gili labak sendiri juga sudah tersedia beberapa fasilitas penunjang seperti WC umum, tempat ibadah, dan warung. Datanglah secara rombongan agar biaya ke gili labak madura ini tak begitu menguras kantong.

Baca juga: Lokasi Bukit Jaddih Bangkalan Madura

Rute Menuju Pulau Gili Labak Sumenep Madura

1. Via Pelabuhan Kalianget

Rute ke gili labak via pelabuhan kalianget adalah yang paling banyak digunakan. Hal ini lantaran lokasi pelabuhanya yang cukup strategis dan tak jauh dari kota sumenep. Jaraknya sekitar 10 km sebelah timur dari pusat kota sumenep.

2. Via Desa Lobuk

Meskipun hanya berpa pelabuhan mini, namun rute menuju gili labak yang satu ini cukup banyak diminati. Hal ini lantaran Desa lobuk lebih dekat diakses bagi pengunjung yang berasal dari luar kota sumenep. Jadi dari pertigaan bluto, belok kekanan hingga menemukan dermaga di Desa Lobuk.

3. Tanjung Saronggi

Kamu juga bisa menuju ke tanjung saronggi. Disana terdapat dermaga yang memiliki perahu perahu kecil untuk mengantarkan anda ke Gili Labak.

4. Desa Kombang

Tempat ini berada di kecamatan Talango. Dari kalianget bisa menuju ke Talango terlebih dahulu sampai ke wilayah Kombang. Kelebihan rute gili labak via Desa Kombang ini adalah waktu penyebranganya yang lebih singkat dan biayanya yang lebih murah.

Biaya Menuju Gili Labak Sumenep Madura

Biaya penyebrangan menuju gili labak berbeda beda tergantung jenis kapal yang digunakan. Misalnya untuk kapal dengan berat 10 ton biaya sewanya adalah Rp 800 ribu hingga Rp 1 juta. Kapal dengan berat 15 ton dan kapasitas 60 orang, dibanderol Rp 1 juta hingga Rp 1,5 juta. Adapun kapal penyebrangan dari kalianget – gili labak biayanya lebih murah yakni Rp500 ribu sekali jalan. Namun kapal ini ukuranya lebih kecil hanya bisa diisi 8 – 10 orang. Jadi biaya ke gili labak per orangnya berkisar Rp 80 ribuan.