Ingin Wisata Religi? Berikut Rekomendasi Terbaiknya

Tidak perlu menghabiskan banyak biaya untuk melakukan perjalanan wisata ke luar negri, jika objek wisata dalam negri saja belum dikunjungi satu persatu. potensi wisata yang ada di Indonesia tidak pernah habis untuk dibicarakan. Faktor keberagaman suku, budaya dan agama mampu menghadirkan wisata menarik di Indonesia salah satunya wisata religi.

Di setiap daerah memiliki wisata bernuansa religi. Hal ini menunjukkan bahwa keberagaman kepercayaan yang dianut oleh warga Negara Indonesia tetap mampu memberikan nilai kehidupan yang saling berdampingan. Nah, untuk kamu yang ingin mengetahui destinasi wisata religi yang ada, yuk simak satu persatu tempat di bawah ini.

Destinasi Wisata Religi Menarik Yang Mudah Diakses

Untuk kamu yang ingin melakukan wisata religi ke daerah yang mudah dikakses, yuk baca beberapa tempat wisata di bawah ini.

1. Masjid Istiqlal Jakarta

Untuk daerah yang paling mudah diakes adalah daerah ibukota, Jakarta. Dan disana terdapat masjid istilqlal. Masjid istiqlal merupakan masjid yang diprakarsai oleh Ir.soekarno. Sejarah dari masjid istiqlal yang dibangun selama 27 tahun akhirnya membuahkan hasil yang sempurna. Kemegahan ornament dan arsitektur masjid mampu membuat takjub masyarakat hingga saat ini.

2. Al Qur’an Al Akbar

Al qur’an al akbar menjadi favorit wisatan yang tertarik mengunjungi kota Palembang. Fakta menarik dari alqur’an al akbar ini ditulis dengan ukiran tangan asli di atas kayu trembesi berukuran 1.77 x 1.44 m dan tebalnya mencapai 9 m. bentuknya dibuat seperti jendela-jendela dalam sebuah bangunan.

Proses pembuatan Al qur’an ini memakan waktu kurang lebih 7 tahun dengan biaya yang tidak sedikit. Bunga Palembang juga diukir sebagai ciri khas nusantara. Sehingga selain menunjukkan nilai islami juga tidak lupa menambahkan nilai nasionalis di dalamnya.

3. Pura Tanah Lot

Siapa yang tidak ingin pergi ke bali? Selain memberikan pesona alam yang indah bali juga menyajikan destinasi wisata religi menarik. Pura tanah lot misalnya, bisa ditempuh dalam waktu 1 jam dari bandara ngurah rai. Letak pura yang berada di tengah pantai akan memanjakan mata saat melihatnya. Bagi para wisatawan yang bukan beragama hindu atau budha bisa menyaksikan ritual hari raya galungan dan kuningan jika beruntung.

4. Vihara Maitreya

Jika ingin melihat vihara terbesar di Indonesia maka vihara maitreya di kota medan merupakan destinasi yang tepat. Dengan konsep sederhana namun dilengkapi arsitektur menarik membuat vihara ini terkesan sakral. Untuk proses pembangunannya membutuhkan waktu yang cukup lama yakni kurang lebih 10 tahun. Gereja ini sangat kental dengan nuansa budha di dalamnya.

5. Gua Maria Loudes

Wisata yang terletak di kota Kediri ini meskipun salah satu situs kristiani tetap tak pernah sepi pengunjung berbagai macam agama. Adanya patung bunda maria yang berdiri di tebing membuat pemandangan indah dan menarik.

Selain dari patung ini juga ada air terjun 12 pancuran dan patung yesus disalib di atas kayu sebagai simbol kristiani.
Demikian tadi beberapa wisata religi yang bisa dikunjungi untuk mengisi hari libur kalian. Mengingat desember ini terdapat perayaan natal serta kegiatan reuni 212 maka melakukan wisata religi perlu dilakukan untuk meningkatkan nilai-nilai agama dalam diri kita.

Bukan hanya sekedar mendapatkan wawasan lebih tentang agama saja, dengan mengunjungi beberapa tempat wisata yang direkomendasikan di atas sekaligus mampu menghilangkan kepenatan di hari kerja. Ayo, segera isi liburan akhir tahunmu dengan melakukan wisata religi ke daerah menarik di atas.