Wisata Ke Kumejing Wonosobo, Jawa Tengah Mengasyikkan!

Wonosobo tak henti – hentinya menawarkan pariwisata yang tersebar di hampir setiap tempat bahkan di tempat yang terisolir sekalipun. Bagi anda yang menyukai perjalanan yang menantang, anda bisa mencoba wisata ke kumejing yang berada di kecamatan Wadaslintang Kabupaten Wonosobo. Untuk dapat mencapai desa kumejing, anda harus melintasi waduk wadaslintang menggunakan perahu selama 20 menit.

Desa kumejing berjarak 47 Km dari pusat kota Wonosobo, dibutuhkan setidaknya 1 jam 30 menit perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi. Meski terletak jauh dari pusat kota, desa kumejing memiliki pesona yang menarik untuk dieksplore.

Pesona kumejing merupakan upaya untuk memberdayakan warga desa kumejing untuk dapat berdaya di desa sendiri, desa kumejing merupakan salah satu contoh desa wisata yang dapat dijadikan acuan bagi desa lain agar senantiasa memanfaatkan potensi yang ada untuk mendapatkan pendapatan.

Rasa lelah selama perjalanan wisata ke kumejing akan terbayar lunas ketika anda menikmati keindahan waduk wadaslintang yang memukau, apalagi warga desa kumejing dikenal sebagai warga yang ramah, mereka akan senantiasa menyiapkan kuliner khas kumejing yaitu bucu pendem, bucu pendem adalah sajian nasi campur sayur yang disajikan menyerupai nasi tumpeng, namun ada daging ayam yang terpendam di dalam nasinya.

Yang Bisa Anda Nikmati Ketika Ber-Wisata Ke Kumejing

Rasa lelah selama perjalanan akan terbayar karena anda akan disuguhkan panorama pegunungan yang sangat mengesankan. Pada tepian waduk wadaslintang anda bisa menikmati hamparan sawah, susunan bebatuan yang rapi dan tanaman rimbun yang mengitari waduk. Tak hanya itu anda juga bisa menikmati keindahan matahari terbenam (sunset) ketika senja tiba.

Bagi anda yang menyukai kegiatan basah, anda wajib mencoba wahana air banana boat yang dikelola oleh desa wisata tersebut. Dengan tarif Rp 30.000 / orang, anda bisa merasakan asyiknya meluncur dan diatas perahu pisang selama 30 menit. 1 banana boat bisa ditumpangi oleh 6 orang.

Bosan kuliner di warung yang biasa, anda juga bisa mencoba wisata kuliner pada rumah makan apung yang menyediakan kuliner khas desa wisata kumejing. Konon pembuatan warung apung dilakukan secara gotong royong bersama dengan para warga desa kumejing dalam 2 bulan waktu pengerjaan. Makanan andalan dari warung apung ini adalah pepes Nila. Terbayang dong makan pepes nila sembari menikmati pemandangan yang eksotis.

Lokasi Wisata Kumejing

Perlu kegigihan ekstra untuk dapat sampai ke tempat ini, perjalanan 47 Km dari pusat kota Wonosobo pasti cukup melelahkan. Apabila anda memulai perjalanan dari alun – alun Wonosobo maka ambilah jalan ke selatan menuju terminal sawangan lalu ambil kiri dan ikuti jalan menuju waduk wadaslintang.

Selama berada di sekitar waduk, anda tidak diperkenankan membuang sampah dalam bentuk apapun di waduk wadaslintang, untuk itu bawalah kantong plastik untuk mengangkut sampah anda. Selain ber-wisata ke kumejing, anda juga diharapkan untuk dapat menjaga kebersihan waduk dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Info Paket Wisata ke Kumejing

Bagi anda yang ingin mendapatkan pengalaman berwisata di desa wisata kumejing, anda juga dapat mengambil paket wisata ke kumejing, paket wisata tersebut terdiri dari akses perahu menuju kumejing, bersantai di Taman Asri dan Banana boat. Pada hari tertentu anda juga akan disuguhkan dengan pertunjukkan tarian jaran kepang yang merupakan salah satu kesenian yang ada di desa kumejing.

Info paket wisata ke kumejing bisa anda temukan dengan mudah  di instagram ataupun di mesin pencari google dengan mengketikkan kata kunci “paket wisata lengkap ke kumejing”. Maka akan banyak informasi yang akan anda dapatkan!