Mengenal Sejarah Dengan Ber-wisata ke Istana Maimun

Ber-wisata ke Istana Maimun merupakan salah satu destinasi wisata sejarah untuk anda, saudara dan keluarga anda. Tak hanya mengenal sejarah Kesultanan Deli, di tempat ini para pengunjung juga dapat berfoto dengan mengenakan baju ala bangsawan melayu yang di sediakan oleh pengelola museum.

Ketika anda ber-wisata ke istana maimun maka anda akan disambut bangunan dengan dominasi warna kuning yang merupakan warna khas Melayu. Istana Maimun memiliki luas 2.772 meter persegi dengan 30 ruangan yang tersedia didalamnya.

Istana Maimun menjadi destinasi yang diburu oleh para wisatawan karena desain interiornya yang unik menjadi daya tarik bagi para turis untuk melakoni wisata ke Istana Maimun. Menurut Sejarahnya bangunan ini di desain oleh arsitek asal Balanda lalu dibangun pada tahun 1888 oleh sultan Deli Makmun Al Rasyid Perkasa.

Desain interior dan eksterior bangunan ini merepresentasikan lintas kebudayaan, mulai dari gaya arsitektur islam, melayu, India, Spanyol dan Italia. Bangunan yang memiliki pengaruh desain dari budaya eropa yang cukup kental ini memiliki 2 lantai dengan 3 bagian bangunan induk. Pada halaman istana terdapat meriam puntung yang menjadi bagian dari Legenda Istana Maimun yang cukup terkenal.

Harga Tiket Masuk Wisata Ke Istana Maimun

Istana Maimun terbuka untuk wisatawan setiap hari dari senin sampai minggu dengan jam operasional buka sejak pukul 08.00 – 12.00 WIB. Untuk dapat menikmati lokasi wisata di istana maimun, anda hanya dikenakan harga tiket sebesar Rp 5000 per orang.

Anda juga dapat menyewa baju ala bangsawan tempo dulu dengan tarif sewa mulai dari Rp 15.000 hingga Rp 30.000 tergantung pada jenis kostum yang akan anda sewa. Jika anda beruntung anda akan menikmati sajian pertunjukkan musik tradisional melayu yang diselenggarakan di dalam museum pada momen – momen tertentu.

Meski Istana Maimun telah difungsikan sebagai museum, namun tempat ini masih di huni oleh sebagian keturuan kesultanan Deli. Pada bagian sayap kanan dari istana maimun merupakan tempat bagi anggota kesultanan Deli. Anda juga jangan kaget ketika ber-wisata ke Instana Maimun, karena di Istana Maimun juga sering menjadi tempat diselenggarakannya berbagai upacara adat di kota Medan. Hal ini tentu menjadi pemandangan yang pastinya sayang untuk dilewatkan.

Lokasi Istana Maimun

Lokasi tempat bersejarah ini terletak tidak jauh dari masjid raya Medan, berjarak 40 km dari bandara Internasional kualanamu dan 28 kilometer dari pelabuhan belawan.

Destinasi wisata sejarah ini berlamat di Jl Brigjend Katamso, kelurahan Sukaraja, Kecamatan Medan Maimun, kota Medan, Provinsi Sumatera Utara. Para turis dapat dengan mudah mengakses tempat tersebut karena jaraknya yang mudah diakses dari pusat kota.

Untuk menuju Istana Maimun anda dapat menempuhnya dengan kendaraan pribadi ataupun kendaran umum. Apabila anda menggunakan kendaraan pribadi maka anda bisa mengarahkan kemudi anda menuju Jl Brigjend Katamso, yang berlokasi tidak jauh dari Masjid Raya Medan.

Sementara bagi anda yang menggunakan kendaraan umum, anda dapat menempuh rute dari stasiun medan, selanjutnya naik angkot jurusan amplas dan turun di depan istana maimun. Jika dari pelabuhan Belawan, makan anda bisa naik bus jurusan terminal amplas. Kemudian menyambung naik angkot 64 jurusan Pinang Baris, lalu turun di depan istana maimun.

Demikianlah ulasan tentang tempat wisata hits di Medan, semoga informasi ini bermanfaat bagi anda yang ingin ber-wisata ke istana maimun bersama keluarga. Jangan lupa pula untuk membawa kamera ataupun smartphone, untuk apa? tentu untuk mengabadikan keindahan bangunan istana maimun ini.