Loka wisata Sejarah Taman Purbakala Palembang

Apa yang ada dalam benak kepala anda ketika membicarakan Palembang, bisa jadi yang akan terbayang adalah empek – empek kapal selam dengan cuko asam yang menggoyang lidah. Namun selain itu pastinya kita masih ingat akan adanya sebuah kerajaan besar yang ada di Sumatera Selatan ini. Kali ini kita akan mengulas wisata sejarah taman purbakala sriwijaya yang berada di ibukota Sumatera Selatan yaitu Palembang.

Sebelum dinobatkan sebagai tempat wisata sejarah taman purbakala, tempat ni merupakan situs sejarah yang dikenal dengan nama situs Karangannyar. Nama situs ini diberikan karena memang secara administratif situs ini berada di kelurahan Karanganyar, Palembang.

Pada situs ini ditemukan struktur kompleks bangunan yang diyakini sebagai peninggalan kerajaan sriwijaya. Dalam struktur tersebut ditemukanlah jaringan kanal, parit dan juga kolam. Selain itu juga ditemukan berbagai artefak peninggalan kehidupan pada zaman kerajaan Sriwijaya berdasarkan hal – hal tersebut, diduga bahwa tempat wisata sejarah taman purbakalakerajaan sriwijaya ini merupakan pusat pemerintahan Kerajaan Sriwijaya pada masa lalu.

Situs ini akhirnya dipugar dan dirapikan kanalnya. Pada 22 Desember 1994, Presiden Soeharto meresmikan situs tersebut sebagai tempat wisata sejarah taman purbakala kerajaan sriwijaya.

Wisata Sejarah Taman Purbakala Mengajak Kita Mengenal Kerajaan Sriwijaya

Di taman purbakala ini kita dapat mempelajari sejarah masa lalu yang berkaitan dengan kerajaan sriwijaya. Jadi dengan berwisata sejarah di palembang sumatera selatan, maka wawasan untuk mengenali nenek moyang semakin bertambah.

Dalam lokasi ini terdapat replika kapal laksamana cheng ho. Memang cheng ho memiliki peran besar dalam syiar Islam di tanah Palembang. Oleh karena itu dibuatlah replika perahu cheng ho yang ditempatkan pada tepian kanal air kuno di kompleks wisata sejarah ini.

Selain berisi peninggalan kerajaan sriwijaya, disini juga terdapat kolam buatan yang menarik. Terdapat pula taman – taman yang cantik dan indah yang bisa dimanfaatkan untuk berfoto bersama keluarga ataupun sahabat.

Selain sejarah kerajaan sriwijaya yang mengagumkan, anda juga bisa menikmati kawasan pulau cempaka yang merupakan pulau buatan yang berada di tengah kolam. Kini pulau cempaka menjadi taman cantik yang nge-hits dikalangan pecinta fotografer maupun phonegrapher. Di tengah area tersebut terdapat tulisan “I Love Sriwijaya” yang bisa digunakan sebagai latar untuk berfoto.

Selain itu anda juga bisa mengabadikan momen spesial pada areal gembok cinta yang letaknya berada di pojok pulau cempaka. Hampir mirip seperti yang ada di korea dimana pada tempat wisata ini menyediakan area untuk 2 sejoli meletakkan gembok sebagai tanda cinta/

Harga tiket masuk tempat wisata sejarah Taman Purbakala

Apabila anda ingin menambah pengalaman berwisata sejarah di Taman Purbakala, maka anda akan dikenakan tarif Rp. 3000 untuk yang ingin masuk ke wilayah taman. Sedangkan bagi wisatawan yang ingin masuk ke dalam museum, maka akan dikenakan biaya sebesar Rp 2000 untuk pengunjung dewasa dan Rp 1500 untuk Anak – anak.

Tarif tersebut belum termasuk tarif parkir yaitu Rp 3000 untuk kendaraan roda 4 dan Rp. 2000 untuk kendaraan sepeda motor.Harga tersebut tentu berbeda ketika akhir pekan.

Lokasi Taman Purbakala

Tempat wisata taman purbakala kerajaan sriwijaya ini terletak di Karanganyar, Gandus Kota Palembang, Sumatera Selatan. Taman ini berjarak sekitar 4 Km dari pusat ibu kota provinsi sumatera selatan, Palembang.

Untuk menjangkau tempat wisata sejarah ini cukuplah mudah, dengan kendaraan umum, kita bisa naik kendaraan jurusan tangga buntung – Gandus.

Jam operasional tempat wisata sejarah taman purbakala

Tiap – tiap tempat wisata pasti memiliki jam buka dan tutup, begitu juga dengan destinasi yang ada di kota Palembang. Taman purbakala kerajaan sriwijaya dibuka pada pukul 08.00 dan tutup pada jam18.00 WIB.
Demikian ulasan terkait dengan wisata sejarah Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya, pastikan anda datang tidak sendirian di tempat ini.