Wisata Budaya Museum Adityawarman Di Sumatera Barat

Diberbagai tempat muncul beraneka jenis wisata alam yang memanjakan para praktisi swafoto. Namun ternyata wisata tidak hanya berkumpul atau jalan2 hanya untuk keperluan story instagram saja, wisata pendidikan atau kebudayaan juga perlu disambangi, seperti museum, candi dll. Nah kali ini kita akan mengulas informasi terkait dengan Wisata Budaya Museum Adityawarman yang berada di provinsi Sumatera Barat.

Museum Adityawarman merupakan salah satu museum terpenting yang mengangkat sejarah masyarakat Minang dan jejak sejarah kebudayaan mereka sejak zaman prasejarah hingga era modern. Disini anda akan mengenali koleksi pernak pernik kehidupan orang Minangkabau tempo dulu.

Museum ini dibangun pada tahun 1974, hal ini dilakukan untuk dijadikan pusat pelestarian benda bersejarah yang meliputi cagar budaya Minangkabau, cagar budaya mentawai dan secara umum cagar budaya nusantara. Bangunan ini resmi didirikan oleh Prof Dr. Sjarif Thayeb pada tanggal 16 Maret 1977 yang saat itu tengah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Apa Saja Yang Ada Di Tempat Wisata Budaya Museum Adityawarman

Wisata Budaya Museum Adityawarman menawarkan berbagai referensi peninggalan sejarah yang cukup beragam tentang berbagai aspek kebudayaan Minangkabau dan Sumatera barat. Disini terdapat ribuan koleksi peninggalan Budaya yang dibagi menjadi 10 Kategori, diantaranya geografika, biolografika, etnografika, arkeologika, historika, numismatika, filologika, keramologika, seni rupa dan teknologika.

Dari beragam kategori tersebut terdapat koleksi beragam jenis perhiasan tradisional, pernak – pernik busana, instrumen musik, replika sajian kuliner khas dalam berbagai upacara adat dan berbagai perkakas yang digunakan oleh masyarakat tradisional minangkabau dalam kesehariannya.

Ketika melakoni Wisata Budaya Museum Adityawarmanmaka kita akan disapa oleh sebuah monumen berupa tugu perjuangan dengan desain yang unik. Disana juga tampak patung dengan bambu runcing ditangannya, patung tersebut seakan menggambarkan pejuang masa lalu.

Di samping patung anda akan menemukan sebuah sajak yang cukup mengharukan, sajak tersebut bertuliskan “untuk kami di nusa jaya, kamulah gugur, derita sengsara, kamu bertugu di jiwa bangsa. Lambang bermutu selama masa”, sajak tersebut seakan menyiratkan makna akan cinta seorang pejuang yang rela mengorbankan segalanya demi bangsa, bahkan jiwa dan raga.

Selain sate padang sumatera juga terkenal dengan arsitektur rumah yang unik yang dikenal dengan istilah rumah gadang. Sebagian orang menyebut bangunan tradisional tersebut dengan sebutan Rumah Bagonjong.

Berbeda dengan museum kebanyakan yang memisahkan museum dengan rumah adat. Namun ketika anda ber-wisata budaya museum adityawarmanmaka anda akan menemukan sebuah keunikan bahwa ternyata museum adityawarman ini terletak didalam rumah bagonjong tersebut.

Menikmati Taman Saat Berkunjung Dengan Keluarga

Di museum ini juga terdapat taman yang bisa menjadi sarana bermain keluarga, karena disini terdapat taman melati yang keberadaannya dapat memenuhi hasrat selfie. Selama berada di dalam taman melati anda tak perlu merasa cemburu karena pada tempat tersebut terdapat pamflet anti barisan sakit hati. Selain itu anda juga dapat duduk bersama teman – teman sembari menikmati makanan dan minuman bersamanya.

Jika anda berkesempatan untuk wisata budaya Museum Adityawarman, maka anda diharuskan untuk menjaga kebersihan, agar tetap menjadi destinasi wisata budaya yang menarik.

Destinasi wisata budaya museum adityawarman ini terletak di jalan Diponegoro No 10 Kelurahan Belakang Tangsi, Kecamatan Padang Barat Kota Padang. Bangunan yang menyimpan beragam sejarah ini terletak di tengah lahan seluas 2,6 hektar, museum dengan luas 2,855 meter persegi ini dibangun dengan atas inspirasi arsitektur dari rumah bagonjong atau rumah gadang yang merupakan gaya arsitektur khas Minangkabau.