Destinasi Wisata Edukasi Di Museum Geologi Bandung

Museum Geologi Bandung merupakan sebuah museum yang menjadi bangunan bersejarah di Kota Bandung. Museum yang dirawat oleh pemerintah ini dibangun pada tanggal 16 Mei 1928 dan sempat direnovasi dengan bantuan dana dari Jepang sehingga saat ini bangunan tersebut tetap dalam kondisi yang baik sebagai tempat wisata yang layak dikunjungi di Bandung. Setelah dipugar museum geologi Bandung dibuka kembali oleh Megawati Soekarnoputri pada tanggal 23 Agustus 2000.

Tidak sedikit sekolah – sekolah yang menjadikan Bandung sebagai tempat tujuan study tour, hal ini dikarenakan koleksi yang dimiliki museum geologi Bandung sangatlah berguna untuk menunjang pendidikan serta mempunyai nilai – nilai sejarah kehidupan dan pelestarian alam yang sangat mendidik. Koleksi yang dimiliki oleh museum Geologi Bandung yaitu bebatuan, fosil dan mineral. Di tempat ini pengunjung juga dapat mempelajari banyak hal yang berhubungan dengan bencana alam, bumi, pemanfaatan sumber daya dengan benar, cara mengolah energi dan lain – lain.

Denah Museum Geologi Bandung Jawa Barat

Museum ini dibagi menjadi 2 lantai dengan koleksi yang berbeda – beda pada setiap lantainya, di lantai 1 anda akan disajikan berbagai pameran tentang maket pergerakan lempeng aktif kulit bumi, fosil manusia purba dan pelayanan informasi museum. Selain itu di ruang sebelah timur anda akan menjumpai fosil dinosaurus, tengkorak manusia purba, fosil ikan dan ular yang ditemukan di lapisan danau bandung dan lain – lain.

Di lantai 2, anda akan menemukan informasi tentang berbagai jenis bahaya geologi seperti tanah longsor, letusan gunung api, maket tambang emas di irian jaya, miniatur pengeboran gas bumi dan lain – lain.

Untuk mengenali kondisi geografis di Indonesia, anda bisa mengunjungi sayap barat museum geologi Bandung dimana ruangan tersebut menyajikan informasi tentang kegunungapian, informasi disini menjelaskan tentang berbagai keadaan beberapa gunung api yang aktif di Indonesia seperti gunung Tangkuban Perahu, Krakatau, Galunggung, Merapi dan lain sebagainya. Selain itu adapula beberapa contoh batuan hasil dari kegiatan gunung api yang tertata di dalam lemari kaca.

Di bagian sayap timur museum juga tak kalah menarik, disini anda akan mendapatkan berbagai informasi terkait dengan perkembangan makhluk hidup, mulai dari manusia primitif hingga modern yang bermukim di planet bumi ini. Berbagai panel gambar yang menghiasi dinginh ruangan diawali dengan informasi tentang keadaan planet bumi yang sudah terbentuk sekitar empat setengah milyar tahun yang lalu.

Lokasi Museum Geologi Bandung

Museum geologi Bandung beralamat di Jl Diponegoro Nomor 57, Bandung. Lokasi Museum ini sangat mudah dicapai karena berada di tengah kota dan banyak transportasi umum yang melewatinya. Jika anda ingin menggunakkan kendaraan umum maka anda bisa menggunakan angkutan kota nomor 10 berwarna kuning – hijau, angkutan ini memiliki rute stasiun Hall – Sadang Serang.

Anda bisa minta turun di pertigaan masjid pusdai, kemudian setelah turun anda harus melanjutkan perjalanan dengan menaikin angkutan kota no 5 berwarna hijau – hitam, angkot ini memiliki rute Cicaheum – Ledeng dan melewati Museum Geologi Bandung. Museum ini terletak dekat dengan gedung sate yang merupakan salah satu ikon kota Bandung.

Harga tiket Masuk Museum Geologi Bandung

Harga tiket masuk museum geologi Badung adalah Rp 2000 untuk kalangan pelajar, Rp 3000 untuk wisatawan umum lokal dan untuk wisatawan asing dikenai tarif Rp 10.000.

Jam Operasional

Museum Geologi Bandung dapat anda kunjungi pada hari senin – kamis jam 09.00 – 15.30, dan pada jam 09.00 – 13.00 pada hari Sabtu – Minggu. Pada hari jumat atau hari libur nasional, museum ini tidak beroperasional.

Tunggu apalagi, rencanakan liburan anda bersama keluarga untuk sama sama belajar mengenai dunia geologi di museum geologi bandung, pastinya akan wawasan yang akan anda dapatkan.