Belajar Budaya Dengan Di Museum Wayang Jakarta

Jakarta, kira – kira tempat wisata apa yang ada dalam benak anda? apakah mall, waterpark, Dufan, Monas atau Sea World. Nah ternyata Jakarta juga memiliki tempat wisata budaya yang pastinya cocok bagi anda yang ingin mengenal budaya Indonesia khususnya Wayang. Sebut saja museum wayang Jakarta, sebuah tempat yang memiliki koleksi wayang cukup lengkap. Setiap bingkai wayang disertai dengan deskripsi sejarah akan wayang tersebut.

Di Museum Wayang Jakarta para pengunjung bisa mengamati sekaligus mempelajari kebudayaan yang ada di tempat ini terutama wayang. Berdirinya museum ini merupakan dedikasi kepada orang Jawa mengenai dunia perdalangan wayang.

Asal Usul Bangunan Museum Wayang Jakarta

Menurut beberapa sumber, bangunan museum wayang tersebut merupakan sebuah gereja lama Belanda yang dibangun pada tahun 1640, kemudian mengalami pemugaran pada tahun 1732 dan berganti nama menjadi De Nieuwe Hollandse atau gereja baru Belanda. Bangunan tersebut bertahan sampai tahun 1808, namun gempa bumi yang terjadi pada tahun yang sama telah meluluhlantakkan bangunan tersebut.

Pada lokasi bekas runtuhan tersebut kemudian dibangun sebuah gedung baru yang kini banyak dikunjungi wisatawan. Museum tersebut diresmikan dan dibuka untuk umum pada 13 Agustus 1975.

Ada banyak koleksi wayang yang terdapat di museum ini, mulai dari berbagai jenis wayang Indonesia hingga koleksi wayang dan boneka dari luar negeri. Anda bisa mengenal dan mempelajari secara langsung berbagai koleksi wayang seperti wayang kulit, wayang golek maupun wayang boneka dari Malaysia, Suriname, China, Thailand, India, Kamboja dan Prancis.

Selain wayang adapula piring yang digunakan sebagai tanda batu nisan dari Jan Pieterszoon Coen. Ada juga teater wayang dan lokakarya terkait pembuatan wayang secara berkala yang diadakan di museum tersebut. Tempat ini sangat menarik untuk dikunjungi bagi anda yang menyukain wawasan tentang pewayangan.

Mengenal Warisan Budaya Wayang Nusantara

Bagi anda yang menyukai segala hal yang terkait dengan warisan budaya, Museum Wayang Jakarta sepertinya memang cocok untuk masuk ke dalam daftar liburan anda. selain wayang, di dalam museum ini juga terdapat berbagai jenis topeng dari berbagai daerah maupun negara. Tak hanya seni wayang saja, namun juga terdapat seni gamelan yang dipertontonkan kepada para wisatawan. segala fasilitas tersebut bisa anda nikmati dengan membayar harga tiket masuk sebesar Rp 5000 saja.

Jika anda beruntung maka anda bisa menikmati sajian wayang kulit yang dilaksanakan di museum tersebut. Pertunjukkan ini juga dilengkapi dengan penampilan sinden yang mengiringi pertunjukkan wayang. Untuk melihat pertunjukkan ini anda tidak dikenakan biaya apapun.

Jam Operasional Museum Wayang Jakarta

Museum wayang Jakarta dibuka setiap hari kecuali hari senin. Pada hari selasa – jumat jam operasional dibuka pada pukul 09.00 – 15.00, sedangkan pada hari sabtu dan minggu museum wayang bisa anda kunjungi pada jam 09.00 – 20.00. Pastinya jangan berkunjung pada hari senin.

Lokasi Museum Wayang Jakarta

Apabila anda ingin mengunjungi tempat wisata ini, maka anda tidak akan menemui kesulitan untuk sampai pada lokasi tersebut. Museum wayang Jakarta berada di Jl Pintu Besar Utara No 27 Jakarta. Anda bisa menggunakan transportasi umum untuk menuju ke tempat wisata budaya ini. Museum Wayang Jakarta berada di kawasan wisata kota tua, areanya sangatlah dekat dengan Jakarta History Museum.

Pastinya kita patut bangga akan warisan budaya Indonesia yang telah diakui dunia, karena dengan mempelajari budaya bangsa, maka kita akan turut serta dalam melestarikan warisan dunia. Jadi tak ada keraguan lagi untuk memasukkan wisata museum wayang Jakarta sebagai salah satu daftar kunjungan anda dan keluarga.