Pesona Teluk Kiluan, Surga Para Pencari Nuansa Alami

Kapan terakhir kali anda melihat lumba – lumba? Saat berada di sea world kah atau saat pertunjukkan sirkus lumba – lumba keliling? Kali ini kita akan menapaki jejak pesona Teluk Kiluan yang masih menyimpan nuansa alam yang asri, tempat wisata ini sepertinya cocok bagi anda yang menyukai suasana alam yang natural.

Sebagai salah satu destinasi wisata bahari yang terkenal dengan kehadiran lumba – lumba hidung botol. Untuk dapat melihat lumba – lumba maka waktu yang paling tepat adalah di pagi hari sekitar jam 6 pagi dengan mengambil titik start dari tepi teluk kiluan menuju tengah laut dengan menggunakan kapal jukung selama 20 menit perjalanan.

Menikmati Pesona Teluk Kiluan Dengan Kapal Jukung

Kapal jukung adalah jenis kapal kecil bermesin motor yang hanya memuat paling banya 3 – 4 penumpang termasuk supir. Lebar kapal hanya muat untuk dilalui 1 orang saja, sehingga selama perjalanan para penumpang hanya bisa duduk berbaris masing – masing satu orang dari depan tengah dan belakang, posisi paling belakang adalah pengemudi kapal. Selama berada diatas kapal anda wajib menggunakan pelampung karena hal tersebut merupakan bagian dari prosedur keselamatan.

Selain berburu lumba – lumba, pesona teluk kiluan yang bisa dieksplor adalah keindahan bawah laut yang bisa dinikmati dengan aktifitas snorkeling di teluk kiluan. Untuk menuju ke lokasi snorkeling anda membutuhkan waktu 5 menit dengan menggunakan kapal jukung. Jika anda dapat berenang maka alangkah baiknya agar anda melakukan snorkeling tanpa menggunakan pelampung agar anda dapat melakukan freediving sembari memotret keindahan bawah laut teluk kiluan.

Untuk keamanan selama snorkeling, maka anda harus tetap waspada dan perhatikan gerak – gerik kapal pendamping termasuk arahan dari pengemudi kapal jukung yang merangkap guide, perhatikan setiap petunjuk ataupun info yang diberikan demi keamanan anda selama melakukan snorkeling.

Berendam Di Laguna Melengkapi Wisata Anda Di Teluk Kiluan

Menikmati pesona teluk kiluan tidak bisa selesai dalam sehari, ada sebuah spot yang pastinya bisa anda coba untuk menambah khasanah pariwisata anda. Seperti berendam di Laguna, mungkin anda masih bertanya – tanya apa itu laguna, Laguna merupakan sekumpulan air asin yang terpisah daru laut oleh penghalang seperti pasir, batu karang atau semacamnya. Di teluk Kiluan ini terdapat laguna dengan air yang bersih bernama Laguna Gayau.

Untuk bisa mencapai Laguna Gayau anda harus sedikit berlelah – lelah karena diperlukan 30 menit perjalanan trekking dari penginapan. Jika anda baru pertama kali menuju laguna gayau alangkah baiknya jika anda menyewa seorang guide yang biasanya merupakan penduduk lokal setempat, mereka akan memandu anda khusunya jika sudah berada di sekitar pantai batu karang dimana medan jalannya menjadi lebih sulit untuk dilewati. Biaya untuk menyewa seorang guide lokal adalah Rp 50.000 rupiah untuk satu kali perjalanan bolak – balik.

Untuk memasuki area laguna anda akan dikenakan tiket sebesar Rp 5000 per orang, setelah melalui palang masuk pembayaran maka anda harus melewati jalan menjak dan menuruni bukit hingga berujung ke pantai yang dikenal dengan nama Pantai Gayau. Setelah melewati pantai berpasir maka anda harus memanjat bebatuan yang berwarna coklat kehitaman yang berjejer di sepanjang sisi bukit kiluan, untuk melewatinya gunakanlah alas kaki yang nyaman dan anti selip agar tidak tergelincir.

Setelah melewati segala tantangan yang ada, maka anda akan disambut oleh keindahan laguna gayau yang merupakan salah satu pesona teluk kiluan. Kedalaman laguna gayau berkisar 1 sampai 3 meter sehingga aman untuk berenang ataupun berendam di dalamnya. Selain itu hempasan ombak yang menerjang sisi batu karang membuat air laut masuk dan keluar dari laguna, hal ini bisa anda manfaatkan untuk menambah koleksi foto.

Lokasi Teluk Kiluan

Obyek wisata teluk kiluan terletak kurang lebih 80 Km dari Kota Lampung atau sekitar 3 – 4 jam perjalanan menggunakan mobil pribadi. Sebenarnya waktu yang diperlukan tidaklah selama itu, hanya saja jalanan yang masih rusak dan berlubang cukup menghambat perjalanan.

Untuk sampai pada teluk kiluan maka anda harus menyiapkan fisik dan mental untuk melewati rute sepanjang jalan menuju teluk kiluan, hal ini dikarenakan kondisi jalan yang berkelok akan membuat anda terombang – ambing selama didalam mobil, namun selama perjalanan anda juga akan disapa oleh pemandangan alam yang masih asri.

Penginapan Selama di Teluk Kiluan

Untuk menikmati pesona wisata teluk kiluan maka ada baiknya jika anda menginap di tempat penginapan yang tersedia di sepanjang tepi pantai teluk kiluan. Lokasi tempat penginapanpun ada yang langsung berada di atas tepi air pantai dan ada pula yang terletak disisi bukit. Tarif penginapan berkisar Rp 200.000 hingga Rp 500.000. disarankan untuk booking penginapan terlebih dahulu terutama bila anda berkunjung pada akhir pekan atau saat musim liburan, hal ini dimaksudkan agar terhindar dari penuhnya penginapan.

Kiranya cukup sekian ulasan terkait pesona Teluk Kiluan, semoga informasi ini bermanfaat untuk anda yang hendak berlibur ke Lampung.