Wisata Pulau Tikus, Eksplore Pesona Bengkulu

Nyatanya wisata bahari tidak melulu soal pantai, wisata menuju pulau yang kecil juga memberikan pengalaman tersendiri bagi anda penikmat suasana laut. Salah satunya adalah Wisata pulau tikus yang akhir – akhir ini mengalami peningkatan kunjungan wisatawan, terutama wisatawan domestik.

Kawasan wisata Pulau Tikus merupakan daratan seluas 1 hektar dan ditopang oleh terumbu karang seluas 200 hektar, sehingga hanya perlu 1 hari untuk mengeksplore tempat tersebut kecuali jika disana anda sibuk mengambil foto di berbagai spot yang menurut anda instagramable.

Coba Mercusuar Di Tempat Wisata Pulau Tikus Bengkulu

Di kawasan Pulau tikus juga terdapat menara mercusuar yang cukup menantang adrenalin, ketika menaiki tangga demi tangga maka anda akan merasakan terpaan angin yang cukup kencang sehingga tangga yang anda naiki akan terguncang – guncang. Bagi yang memiliki berat badan lebih atau phobia terhadap ketinggian maka alangkah baiknya untuk berpikir ulang sebelum menaikinya. Namun jika anda ingin melihat keindahan panorama alam di kawasan pulau tikus, tak ada salahnya untuk bisa sedikit membakar kalori untuk menaiki tangga demi tangga menuju puncak mercusuar, pastinya izin dulu oleh penjaganya ya.

Disekitar pantai juga terdapat terumbu karang yang indah, hal ini tentu akan memanjakan mata para penggemar snorkeling, jika beruntung maka anda akan melihat pemandangan layaknya di film finding nemo. Untuk menuju spot snorkeling anda dapat menaiki perahu nelayan yang akan mengantarkan anda menuju titik yang biasa digunakan wisatawan untuk melakukan olahraga air ini.

Dengan snorkeling maka para wisatawan akan dapat menikmati pemandangan bawah laut yang luar biasa indah. Ada beragam jenis terumbu karang seperti poriter, pocilopora, sarcophito acroporase, fungia dan montipora. Terumbu karang tersebut merupakan tempat yang nyaman bagi ikan – ikan kecil sehingga tempat ini menjadi surga bagi para pemancing.

Hewan Laut Menambah Kindahan Saat Snorkeling Di Pulau Tikus

Ada beberapa hewan laut yang bisa anda dapatkan seperti kepiting, udang hingga lobster di sekitar terumbu karang tersebut. Hal ini tentu memberikan pelajaran bagi kita agar senantiasa menjaga terumbu karang agar untuk menyelamatkan pulau tikus dari abrasi.

Pesona pasir putih sangatlah memanjakan mata para wisatawan. Meski pulau ini cukup kecil, anda dapat melakukan banyak kegiatan seperti bermain pasir, ataupun berenang di pinggiran pantai, hal tersebut disebabkan ombak di pantai ini tergolong cukup aman untuk bermain dan berenang, karena sebagian pantau di pulau Tikus merupakan ceruk pantai yang dikelilingi oleh karang sehingga ombaknya sudah tidak terlalu tinggi.

Di Kawasan Wisata Pulau Tikus ini anda tidak aka menemui akomodasi pengingapan sama sekali. Luas pulau yang terlalu kecil dan jarak yang cukup jauh dari kota bengkulu membuat para penduduk di Bengkulu enggan mendirikan bangunan di Pulau Tikus.

Untuk keperluan penginapan anda bisa bermalam dengan menggunakan tenda. Pada malam hari, anda tak perlu khawatir, sebab di malam harinya akan tetap ramai oleh para pemancing dan pemburu sunrise.

Lokasi Tempat Wisata Pulau Tikus

Pulau Tikus dapat ditempuh dengan berlayar menggunakan perahu Nelayan atau kapal khusus wisata selama 40 menit. Pengunjung cukup membayar Rp 200.000 per orang dengan jumlah minimal 10 orang tiap keberangkatan. Selama perjalanan anda akan merasakan sensasi berlayar ala Nelayan. Dimana anda akan seketika tersiram ombak ketika ombak besar mengombang – ambingkan kapal yang anda tumpangi.

Demikian ulasan terkait Wisata Pulau Tikusyang sangat mempesona, semoga bermanfaat bagi anda yang ingin mengeksplore wisata di Bengkulu.