Ciri-Ciri Jasa Sewa Mobil Dengan Unsur Penipuan

Di era digital saat ini penipuan banyak dilakukan dengan berbagai macam modus. Salah satunya adalah dengan menggunakan penipuan jasa sewa mobil. Mungkin kamu juga pernah menggunakan jasa semacam ini karena kebutuhan, bisa jadi untuk liburan dan sebagainya. Tentu dengan adanya penipuan dengan modus seperti ini kamu harus lebih berhati-hati.

Bagaimana cara mengetahui jasa sewa mobil yang menipu?

Kebutuhana kan mobil tentu saudah tidak dapat dihindari lagi. Apalagi untuk di kota-kota besar, akan lebih efektif jika menggunakan mobil sebagai kendaraan sehari-harinya. Namun biaya yang mahal untuk pembelian mobil memberikan opsi lain yanitu dengan menggunakan jasa sewa mobil.

Jika kamu takut dengan penipu yang saat ini juga kerap memakai kedok sewa mobil, di bawah ini akan diberikan beberapa cirri-ciri jasa yang mengatasnamakan penyedia jasa sewa mobil palsu atau penipu.

1. Tidak Memiliki Kantor Pusat Yang Nyata

Jika kamu mencari jasa yang ternyata tidak memiliki kantor pusat secara nyata bisa jadi bahwa jasa tersebut merupakan penipu. Pasalnya tiap penyedia jasa pasti akan menyediakan kantor pusat yang nyata. Jika memang kamu bertransaksi secara online usahakan untuk melihat alamat kantor pusatnya dan meminta bantua kepada kawan untuk mengecek keberadaan kantor pusat tersebut apakah ada atau tidak.

2. Website Resmi Yang Usianya Masih Belum Lama

Untuk perusahaan sewa mobil ataupun jasa yang sudah terpercaya biasanya memiliki website resmi yang usia minimalnya 3 bulan. Jika belum mencapai usia tersebut maka bisa saja bahwa jasa tersebut merupakan jasa penipu. Lihat juga sebarapa banyak orang yang sudah menggunakan jasa tersebut sebagai pertimbangan. Meskipun website baru jika sudah banyak ulasan positfnya dan selalu update tentu menjadi indikasi bahwa jasa tersebut terpercaya.

3. Harga Yang Terlalu Murah

Jika kamu menemukan jasa yang menawarkan sewa mobil dengan harga yang terlalu murah jangan bahagia dulu. Karena bisa saja harga yang murah tersebut menjadi umpan bagi masyarakat agar mau menggunakan jasa tersebut dan ternyara penipuan. Maka dari itulah usahakan untuk tidak tergiur dengan harga murah.

4. Pemasangan Iklan Yang Kurang Tersebar

Biasanya untuk mendapatkan pelanggan sebuah jasa akan menampilkan iklan besar-besaran dan berupaya agar jasa tersebut bisa diketahui oleh banyak orang. Jika kamu menemukan fakta sebaliknya atau ternyata jasa tersebut tidak banyak menampilkan info mengenai jasanya maka perlu diwaspadai. Pilih jasa yang memang memberikan identitas lengkap yang bisa dihubungi dan juga kontak lainnya yang memang memungkinkan diketahui para pelanggannya.

5. Tidak Memiliki Pelanggan

Nah, kamu juga bisa melihat dari luar bagaimana jasa mendapatkan pelanggannya. Jika sebuah jasa hanya memiliki sedikit pelanggan maka kemungkinan besar ia memang jasa penipu atau kualitasnya kurang baik. Pilihlah jasa yang menyediakan fasilitas lengkap serta harga yang seimbang dengan cara melihat sebarapa banyak pelanggan yang dimilikinya.

6. Syarat Yang Diajukan Tidak Masuk Akal

Jika kamu mendapati jasa sewa mobil yang menawarkan syarat tidak masuk akal, sebagai contoh lunas di awal tanpa tatap muka dan melihat kondisi mobil langsung maka hindari transaksi semacam ini. transaksi dengan model semacam ini akan sangat rawan dengan penipuan.

Itulah beberapa ciri-ciri dari jasa sewa mobil yang menggunakan kesempatan dimana banyak sekali masyarakat yang membutuhkan jasanya. Sebenarnya banyak modus penipuan yang dilakukan dan akan semakin canggih terlebih di era digital. Sebagai masyarakat kamu harus berhati-hati dan selektif dalam memilih jasa termasuk juga sewa mobil.